Salam sahabat semuanya, bagaimana kabarnya? Semoga dalam keadaan sehat selalu ya. Baik, kali ini kita akan belajar bagaimana melakukan analisis kata kunci (keyword) SEO menggunakan Neilpatel. Pertanyaan mendasar adalah, mengapa membuat kata kunci itu penting bagi sebuah website? Ya, karena apabila kita ingin mendapatkan traffic / kunjungan ke website, maka cara yang dilakukan adalah kita membuat artikel sesuai dengan kata kunci yang tentunya banyak dicari oleh audience.

Kalau sahabat melihat sebuah website punya traffic yang tinggi, salah satu faktornya adalah website tersebut memiliki banyak artikel yang mengandung kata kunci (keyword). Mudahnya seperti ini, ketika sahabat memasukkan kata kunci untuk mencari hal apapun, pasti kita akan membuka mesin pencari Google. Lalu, Om Google ini ternyata mencatat seluruh transaksi pencarian ke dalam database-nya, sehingga bisa diketahui berapa banyak pencarian kata kunci tertentu dalam bulan tersebut, tahun tersebut dan kata kunci yang terkait. Sehingga, ketika kita membuat artikel yang banyak pencarinya, secara otomatis artikel kita akan mendapatkan pembaca yang sangat banyak, faham kan sampai disini sahabat.

Nah, alat analisisnya untuk mengetahui berapa banyak kata kunci itu dicari pada bulan apa dan sebagainya sahabat bisa menggunakan tools umum seperti Google Trends, Google Webmaster, Google Keyword Planner, Market Samurai, Neilpatel, dan sebagainya. Baik, kali ini kita akan membahas Neilpatel nih sahabat, yang menurut penulis tools ini cukup baik dan lengkap untuk digunakan.

Baik, pertama-tama cara menggunakannya adalah silakan sahabat buka halaman website neilpatel.com sehigga akan muncul tampilan berikut ini.

Kita ambil contoh saja ya sahabat, misal kita akan membuat artikel “Cara membuat kue”, selanjutnya sahabat scroll ke bawah lalu pilih negara “Indonesia” dan inputkan kata kunci “Cara membuat kue”, lalu klik “Search”.

Setelah itu, akan tampil hasilnya sahabat. Hasil yang akan diperoleh adalah data-data yang bersifat analytics, terkait berapa banyak monthly searches (pencarian per bulan) dari kata kuci tersebut yang berupa grafik, paid difficulty (tingkat kesulitan bersaing di kata kunci tersebut karena faktor iklan), paid SEO (tingkat kesulitan untuk mendapatkan ranking secara organik di pencarian Google).

Berdasarkan overview di atas, kita bisa melihat bahwa pencarian per bulannya untuk kata kunci “Cara membuat kue” ada 27.100 (high), lalu SEO difficulty sebesar 22 (easy), dan Paid difficulty 3 (low). Artinya, apabila kita membuat artikel dengan kata kunci “Cara membuat kue”, maka ketika wesbite kita ranking 1 pada kata kunci tersebut, peluang untuk mendapatkan traffik/kunjungan sangat besar jumlahnya. Tetapi, yang perlu diperhatikan tidak hanya banyaknya pencarian, tetapi juga tingkat kesulitan untuk menjadi ranking 1, atau minimal website kita bisa masuk halaman pertama mesin pencari. Saran saya, ambil kata kunci yang cukup panjang (minimal 4 kata), pencarinya banyak (di atas 1000), SEO Difficulty low (di bawah 10), dan Paid Difficulty low (di bawah 10), agar memudahkan kita mendapatkan ranking dengan cepat.

Pada grafik tersebut menunjukkan, adanya tingkat pencarian yang banyak dan stabil pada setiap bulannya. Artinya, apabila kita membuat artikel dengan konsep SEO, ketika berhasil masuk halaman pertama mesin pencari, maka kita berpeluang mendapatkan traffic yang banyak secara stabil setiap bulannya. Pertanyaannya, apakah ada jenis traffik yang ramai hanya pada event tertentu? Ada, misalnya pencarian kata kunci “jual hewan kurban” yang otomatis ramai ketika mendekati I’dul Adha.

Selain itu, pada aplikasi neilpatel ini kita bisa melihat rekomendasi kata kunci lainnya yang masih berkaitan. Silakan scrool ke bawah untuk melihat detailnya.

Berdasarkan gambar tersebut, ada beberapa alternatif kata kunci (keyword) yang bisa kita buat. Kata kunci “Cara membuat kue kacang” merupakan alternatif termudah untuk mendapatkan ranking tertinggi pada kata kunci tersebut, karena Paid Difficulty low dan SEO Difficulty juga low.

Setelah anda yakin untuk memilih kata kunci, selanjutnya adalah silakan sahabat membuat artikel yang berkualitas sesuai dengan kata kunci. Buat judul artikel dengan melibatkan kata kunci, gunakan kata kunci pada konten artikel, buat perulangan kata kunci pada konten artikel, masukkan gambar dengan keterangan sesuai dengan kata kunci (bisa menggunakan tag alt, rename gambar), gunakan formatting text (bold, italic, underline) pada kata kunci, gunakan link pada kata kunci, dan pastinya perkuat link dari luar / perbanyak backlink yang mengarah ke artikel yang mengandung kata kunci tersebut.

Ok, saatnya untuk mencoba ya sahabat. Perbanyak praktek, praktek, dan praktek, pasti bisa. Apabila ada saran dan masukan silakan dikonfirmasi ya sahabat. Terima kasih.